3 Tips Cara Memulai Usaha Bisnis Modal Kecil atau Tanpa Modal

Posted on

Sebagai pemula yang baru belajar atau baru mau memulai bisnis biasanya selalu mucul pertanyaan dibenak Anda, bagaimana ya cara memulai usaha dengan modal kecil atau bisnis tanpa modal? dan Anda sangat menanti jawaban yang pasti terhadap pertanyaan ini.

cara memulai usaha modal kecil

Satu hal yang perlu dipahami bahwa pada dasarnya setiap usaha atau bisnis pasti membutuhkan modal, baik modal tenaga, pikiran ataupun uang. Itu sudah pasti!

Tapi jangan berkecil hati dulu.. Kabar baiknya adalah Anda bisa memulai usaha dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sendiri. Maksudnya bagaimana? Modalnya berasal dari uang orang lain tanpa harus berhutang apalagi pakai riba.

1. Mulailah dengan Sumberdaya yang sudah Anda Miliki

Tidak perlu memaksakan diri agar terlihat sempurna untuk memulai sebuah bisnis. Bila Anda belum sanggup membayar karyawan, mengapa tidak mengerjakannya sendiri dulu sambil belajar memahami prosesnya?

Bila Anda belum memiliki komputer baru yang canggih dan harganya mahal, kenapa tidak memakai komputer lama atau beli yang second dengan lebih murah?

Bila Anda belum sanggup menyewa toko atau kantor, mengapa tidak menggunakan ruang kosong atau garasi di rumah anda?

Perusahaan besar seperti Microsoft, Google, Facebook dulu ketika baru merintis usaha mereka memulainya dari garasi rumah dan dengan modal seadanya. Berbekal ketekunan dan strategi bisnis yang tepat kini bisnis mereka membesar dan sukses.

2. Kerjasama dengan Pemilik Modal

Jika ternyata Anda tidak memiliki sumberdaya sebagai modal awal, tidak ada salahnya anda bekerjasama dengan saudara, teman, atau orang lain yang memiliki sumberdaya tersebut.

Dalam kerjasama ini hindari akad hutang piutang, sebaiknya gunakan akad kerjasama bagihasil sehingga Anda tidak memiliki hutang kepada orang lain dan tidak terbebani untuk membayar pinjaman hutang tersebut.

  • Cari orang yang mempunyai tempat untuk usaha atau kantor dan tawarkan pola kerjasama tanpa kita harus membayar sewa secara langsung kepadanya.
  • Cari suplier barang yang mau menitipkan barangnya kepada kita dengan sistem konsinyasi (titip jual) sehingga bila ada barang yang tidak terjual bisa kita kembalikan tanpa harus membelinya.
  • Cari orang yang punya dana nganggur dan mau bekerjasama dengan akad bagi hasil bila untung dan bagi rugi bila terjadi kerugian. Cara seperti ini lebih fair bagi kedua belah pihak.

3. Jadilah Orang yang Amanah dan Profesional

Orang yang amanah artinya dapat dipercaya dan tidak berkhianat terhadap janjinya. Amanah adalah modal penting dalam setiap kesuksesan dimanapun Anda berada. Jaga kepercayaan orang walaupun harus ada pengorbanan yang anda pertaruhkan.

Bukan sekedar amanah saja, namun profesionalitas juga sangat dibutuhkan. Orang akan melihat bagaimana cara anda mengelola usaha, bagaimana cara menyelesaikan masalah hingga bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis anda kedepannya.

Dengan modal Amanah dan profesional, orang lain akan memberikan kepercayaan lebih kepada Anda sehingga mereka tidak segan-segan untuk menaruh modal usaha atau melakukan kerjasama dengan Anda.

Begitulah cara memulai usaha bisnis dengan modal kecil atau tanpa modal. Jika ketiga cara diatas anda lakukan, dijamin anda akan sukses besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *